January 03, 2010

Ketika Bahan Baik, Tetapi Produk Buruk

Anda gemar mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman? Anda yakin bahwa jenis makanan dan minuman itu sehat??? Ada banyak makanan sehat berubah jadi sumber penyakit ketika dijadikan produk olahan yang dijual massal. Berikut ini di antaranya :

1. Stik Ikan
Untuk membuat stik atau nugget, ikan dicampur dengan 20 macam bumbu dan penyedap. Ini merusak manfaatnya. Padahal ikan sangat sehat karena kadar lemak baiknya sangat tinggi. Sedangkan kandungan lemak jahatnya jauh lebih sedikit dari yang dimiliki daging sapi.

2. Teh Hijau
Karena mengandung antioksidan dan komponen sehat lain, teh hijau diyakini bisa membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung, dan lainnya. Semua khasiat itu hilang dalam teh "Langsung Glek" yan dijual dalam kotak ataupun botol, karena mengandung sejumlah besar gula dan aditif launnya.

3. Sereal
Sereal yang benar tebuat hanya dari gandum, jagung, beras atau bahan pokok lainnya. Kombinasi kandungan protein, lemak sehat, dan vitamin dalam sereal sulit ditandingi jenis makanan lainnya. Kini sereal asli telah "dibajak" oleh perusahaan makanandengan menambah gula, sirup jagung, garam, hingga pengawet.

4. Yoghurt
Aslinya yoghurt merupakan hasil fermentasi susu. makanan ini mengandung banyak protein, kalsium, dan vitamin, cocok untuk para manula yang mulai sulit mencerna susu dengan baik. Tapi kebanyakan yoghurt disupermarket sebenarnya sejenis eskrim (dairy dessert) yang dicampur gula dan buah olahan.

5. Pizza
Dinegara asalnya, Italia, pizza terbuat dari tepung, tomat, jamur, minyak zaitun, kemangi, dan oregano segar yang mutunya terjaga. Diwarung waralaba, bahan segar diganti hasil pengawetan yang murah atau yang telah berhari-hari masuk lemari pendingin. Mengandung kalori, lemak, dan garam yang sangat tinggi.

6. Roti
Aslinya bahan untuk membuat roti hanya tepung, air, sedikit garam, dan ragi. Tapi dipabrik, supaya enak ke dalam adonan roti ditambahkan gula, sirup jagung, pelembut, dan penyedap lainnya. Akibat begitu disantap dengan cepat makanan itu berubah menjadi gula darah dan memaksa pankreas bekerja extra keras.

7. Berondong Jagung
Jagung mengandung banyak serat, rendah kalori, dan sangat sedikit gula, garam, serta lemak. Itu sebabnya berondong jagung (Pop Corn) mulanya makanan sehat. Tapi semua itu hilang ketika orang mulai menambah banyak gula, garam, lemak, dan berbagai penyedap rasa.

Jadi berhatilah dalam memilih jenis makanan..Mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak justru dapat mempengaruhi resiko kesehatan anda..

Source: Majalah TEMPO, 2-8 Februari 2009 dengan perubahan seperlunya.

Comment Back Myspace Comments




No comments:

Post a Comment