January 04, 2010

WAJARKAH KEJANG DEMAM PADA ANAK ???

Suhu yang meninggi atau demam adalah penyebab yang terbanyak dari kejang pada anak, dijumpai pada kurang lebih 4,8% atau 1 di antara 21 anak, adalah kelainan yang terbanyak di antara semua penyakit saraf anak. Apakah yang disebut kejang demam atau "febrile convulsion" ?

Kejang demam ialah semua bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu di atas 38°C tanpa adanya tanda infeksi di dalam otak atau penyebab lainnya. Kejang demam pada umumnya dianggap tidak berbahaya dan sering tidak menimbulkan gejala ,akan tetapi bila kejang berlangsung lama sehingga menimbulkan hipoksia pada jaringan Susunan Saraf Pusat (SSP), dapat menyebabkan adanya gejala sisa di kemudian hari.

Bila suhu yang meningkat menyebabkan timbulnya bangkitan kejang pada seorang anak yang sehat sama sekali, disebut kejang demam sederhana, dalam hal ini Seorang sarjana yang banyak menyelidiki mengenai kejang demam ini ialah Livingston membuat kriteria-kriteria yang disebutnya sebagai "simple febrile conwlsion" atau kejang demam sederhana.
Kriteria yang dapat digolongkan sebagai kejang demam sederhana ialah:

1. Umur anak ketika kejang antara 6 bulan dan 4 tahun.
2. Kejang berlangsung hanya sebentar saja, tidak lebih dari 15 menit.
3. Kejang bersifat umum.
4. Timbulnya kejang di dalam 16 jam sesudah suhu mulai meningkat.
5. Pemeriksaan saraf sebelum dan sesudah kejang normal.
6. Pemeriksaan EEG yang dibuat sedikitnya 1 minggu sesudah penyakit berlalu tidak menunjukkan kelainan.
7. Frekuensi bangkitan kejang di dalam 1 tahun tidak melebihi 4 kali.


Tetapi selain kejang sederhana Livington juga memiliki kriteria kejang demam yang mengarah kepada epilepsi atau yang biasa disebut "Epilepsy triggered-off by fever" atau epilepsi yang diprovokasi oleh demam, yaitu kejang demam yang tidak memenuhi salah satu atau lebih dari ketujuh kriteria Livingston di atas.
Bagaimanakah kriteria kejang yang dimaksukan oleh Livingstone sebagai kejang yang mengarah kepada epilepsi ??
Akankah anak kita masuk dalam kriteria kejang sederhana atau malah masuk dalam kriteria kejang yang mengarah pada kejang epilepsi ??
Serta bagaimana cara menanggulangi hal tersebut ??
Temukan jawabannya dalam ebook berikut ini.

Download Link Ebook



Mohon diperhatikan bahan ini kami sajikan hanya sebagai referensi dan penambah pengetahuan dalam bidang kesehatan, dan sangat tidak disarankan langsung mencoba pengobatan terutama membeli obat dan mengobati anak tanpa ada bimbingan dari dokter.
Semoga bermanfaat dan semakin memperkaya pengetahuan kita dalam bidang kesehatan.



Comment Back Myspace Comments




No comments:

Post a Comment