September 16, 2009

FENOMENA 10 MALAM TERAKHIR

Tulisan ini saya buat pada malam ke 27 Ramadhan 1430 H atau tepatnya pada 26 Ramadhan 1430 H. Melalui tulisan ini saya hanya ingin mereview lagi rangkaian 10 malam terakhir di bulan Ramadhan yang ternyata fenomenanya selalu sama di tiap Ramadhan yang telah saya lalui selama ini.
Sebagaimana kita tahu bahwa 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan adalah saat-saat puncak ibadah kita. Bagaimana tidak, menurut beberapa hadist dan para ulama, bahwa pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, khususnya pada malam-malam ganjil terdapat keutamaan Ramadhan yaitu malam Lailatul Qadar atau malam seribu bulan. Di sini sebagai umat muslim, layaknya kita berlomba untuk bisa mendapatkan malam itu melalui amalan dan ibadah kita yang semakin baik. Yaa..misalnya saja Qiyamul Lail di Masjid, Itikaf, memperbanyak Zikir dan berbagai macam ibadah lainnya.

Namun, sangat disayangkan, yang terjadi justru masjid atau musola semakin sepi saja. Contohnya saja musola tempat saya melakukan solat tarawih malam ini..Di bagian ikhwan hanya tinggal 2 shaf. Sedangkan bagian akhwatnya lebih parah lagi..1 shaf! Itu pun tidak sampai 10 orang per shafnya..
Jika kita perhatikan, justru yang ramai adalah tempat-tempat perbelajaan seperti mal, pasar, dan juga fasilitas umum untuk mudik! Bahkan masyarakat rela berdesakan hanya untuk semua itu..Yang ada, setelah melakukan aktivitas yang amat padat itu, malamnya mereka lupa untuk beribadah...Sebenarnya tidak ada yang salah sih..hanya saja kalau kita mau merubah kebiasaan kita itu, justru akan lebih baik. Toh ibadah di dunia adalah bekal untuk akhirat. Yaa mohon maaf kalau kata-kata saya mungin menyinggung atau kurang tepat. Saya hanya ingin berbagi mengingatkan saudara semua sesuai kemampuan saya nelalui tulisan di blog ini. Semoga Ramadhan ini membawa berkah tak terkira bagi kita semua. Dan mari kita menyambut 1 Syawal 1431 H dengan suka cita dan pribadi yang baru, lebih baik dari sebelumnya..Amin..

No comments:

Post a Comment