August 18, 2009

TANDUK RUSA



Tanaman yang memiliki sebutan daun tanduk rusa, simbar agung (Indonesia), simbar menjangan (Jawa, Bali) dan paku uncal (sunda) termasuk tanaman yang banyak dipelihara sebagai tanaman hias.

Namun dibalik keindahan tanaman ini menyimpan manfaat dan kegunaan untuk menyembuhkan penyakit.

1. Radang Rahim Luar

Bahan :

- 2-5 lembar daun tanduk rusa

- Minyak kayu putih secukupnya

Cara membuat :

Tumbuk daun rusa hingga halus dan tambahkan minyak kayu putih kemudian aduk hingga rata, setelah itu tempelkan pada perut dan balut dengan stagen. Lakukan sampai benar-benar sembuh.

2. Demam

Bahan :

- 1 lembardaun tanduk rusa

- Garam secukupnya

- 1 gelas air mendidih

Cara membuat :

Setelah dicuci bersih tumbuk daun hingga halus, tambahkan garam dan seduh, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari @1 cangkir. Lakukan selama 5 hari berturut-turut.

3. Haid Tidak Teratur

Bahan :

- 2 lembar daun tanduk rusa

- 1 gelas air mendidih

Cara membuat :

Setelah dicuci bersih potong-potong seperlunya lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari @1 cangkir, 3 atau 4 hari sebelum datang bulan.

4. Abses

Bahan :

- 1 lembardaun tanduk rusa

- 1 siung bawang merah

- Adas pulowaras secukupnya

Cara membuat :

Tumbuk ketiga bahan tersebut sampai halus dan bentuk pasta, kemudian balurkan pada bagian yang abses. Lakukan sampai benar-benar sembuh.

Selamat mencoba semoga kesembuhan dapat kita dapatkan, selepas dari itu semua maka hendaknya saat melakukan pengobatan selalu diiringi dengan doa kepada Allah karena atas ijinNYA lah semua penyakit kita dapat disembuhkan.

No comments:

Post a Comment